Sunday, November 2, 2014
0 comments

4:44 PM
MEMBUAT PROGRAM PENCETAK GARIS
                                        MENGGUNAKAN  BAHASA C





                                          NAMA               : DONNY GUMELAR FRANCE
                                          NPM                  : 12112259
                                          KELAS                : 3KA36 
                                          MATERI           : GRAFIK KOMP.&PENGOLAHAN CITRA





//Preprocessor directive ( disebut juga pengarah compiler karena fungsinya untuk mengatur proses kompilasi).

#include<iostream>
#include <graphics.h>
#include<conio.h>
using namespace std;
int main()

// #include merupakan satu jenis pengarah preprocessor yang digunakan untuk membaca file yang dinamakanfile judul (header file). iostream, conio.h, stdio.h, windows.h, math.h, dan string.h merupakan file headeryang merupakan standard library dari C++. Setiap file header berhubungan dengan perintah masukan (input), perintah keluaran (output), dan fungsi-fungsi yang digunakan dalam suatu program. Dimana #include<iostream> digunakan untuk membaca inputan dan output (cin & cout) , include<conio.h> untuk menjalankan function clrscr()/cls dan go to pada program yang kita buat, kemudian yang paling penting untuk menjalankan program graphic adalah #include <graphics.h> yang bertugas melakukan proses inisialisasi mode grafik yang di gunakan oleh computer. using namespace std;  sebagai pemanggil namespace yang memiliki nama ‘std’. Namespace ‘std’ merupakan standar namespace dari C++ yang dapat kita gunakan untuk memanggil class/object/fungsi yang terdapat di dalam namespace tersebut ,  Int main() artinnya main program mengembalikan nilai int secara default, int main() akan mengembalikan nilai 0, dan fungsi main() tidak memiliki bagan deklarasi lokal, dan hanya memiliki sebuah pernyataan yang dapat dieksekusi, berupa fungsi output printf()

//Program di mulai di sini  :

{
    int menu;
    ulang:
    system("cls");
    cout<<"Program Pencetak Garis\n";
    cout<<"Jenis Garis\n";
    cout<<"1. Horizontal\n";
    cout<<"2. Vertical\n";
    cout<<"3. Diagonal\n\n";
    cout<<"Pilih Jenis Garis (1-3) = ";cin>>menu;
    switch (menu)
    {
        case 1:
            initwindow(640,480,"Horizontal");
            line(200,200,450,200);
            break;
        case 2:
            initwindow(640,480,"Vertical");
            line(300,100,300,300);
            break;
        case 3:
            initwindow(640,480,"Diagonal");
            line(100,400,550,100);       
            break;
        default:
            cout<<"\nPilih Jenis Garis dari 1 - 3";
            break;
        }
        char lagi;
        cout<<"\n\n\nApakah ingin masuk ke menu lagi? (y/t)";cin>>lagi;
        cout<<endl;
        if(lagi=='y'||lagi=='Y'){goto ulang;}}

//Logika program :

§  [ int menu; ] : Karena pada menu dibawahnya saya menggunakan angka (1.  2.  3.  ) maka menggunakan [ int menu ]. Jika kalian ingin menggunakan huruf (a.  b.  c.  ) bisa menggunakan [ char menu; ]
§  [ ulang: ] : Digunakan sebagai proses looping , yang digunakan oleh printah go to ulang
§  [ system("cls"); ] : Digunakan untuk clear screen
§  [ cout<<" .............. "; ] : Digunakan untuk mencetak / menghasilkan suatu output
§  [ \n ] : Digunakan untuk lanjut ke baris selanjutnya
§  [ cin>>menu; ] : Jika di-inputkan maka akan menuju ke fungsi menu
§  [ switch (menu) ] : Hasil inputan dari [ cin>>menu ] akan dimasukkan pada fungsi ini untuk memilih case mana yang akan dijalankan
§  [ case 1: ] : Case pertama yang memuat kondisi/rumus 1
§  [ case 2: ] : Case kedua yang memuat kondisi/rumus 2
§  [ case 3: ] : Case ketiga yang memuat kondisi/rumus 3
§  [ default: ] : Case batas akhir jika hasil inputan dari [ cin>>menu ]bukanlah range case ( 1-3 )
§  [ break: ] : Menghentikan fungsi [ case .. ] (tidak dilanjutkan ke case selanjutnya)
§  [ char lagi; ] : Karena pada baris selanjutnya kita memanggil huruf maka menggunakan [ char ... ]
§  [ cout<<endl; ] : Digunakan untuk memberikan “enter”
§  [ if(lagi=='y'||lagi=='Y'){goto ulang;} ] : Digunakan untuk mengulang program dan kembali ke checkpoint “ulang”
§  [initwindow(640,480);] : Berfungsi untuk membuat window yang kordinatx,kordinaty dan menghasilkan window yang berukuran 640 x 480 pixel
§  [line(100,400,550,100);]  :  ini adalah salah satu cara sederhana untuk mencetak garis    dengan menggunakan  dimana berisi (X,Y,∆X,∆Y) dimana (X,Y) mencetak titik awal dan (∆X,∆Y) pencetak garis akhirnya. Kemudian computer akan mengcompile dan menarik sebuah garis dari titik awal ke titik akhir. Dimana suatu garis di katakan Horizontal apabila sumbu “Y” tetap dan “X” bertambah , Vertikal adalah kebalikan dari Horizontal dimana sumbu “X”tetap dan “Y” nya bertambah . beda dengan Diagonal dimana sumbu “X” dan” Y” tidak sama atau tetap.

Output yang akan di hasilkan dari program di atas :








//* Original by Donny Gumelar France . Pengcopyan adalah suatu hal ilegal yang tidak bagus di lakukan , mari kita berkarya dan menciptakan hal-hal yang menarik dengan ide kita sendiri.
//* Apabila program error Readme https://www.dropbox.com/s/w95flc5pbzh4tx8/read%20ME.txt?dl=0
//* Source code program https://www.dropbox.com/s/wlta96ve0fkm86o/DGF%20v1.1.rar?dl=0

0 comments:

Post a Comment

Top