MEMBUAT PROGRAM
PENCETAK GARIS
MENGGUNAKAN BAHASA C
NAMA : DONNY GUMELAR FRANCE
NPM : 12112259
KELAS : 3KA36
MATERI : GRAFIK KOMP.&PENGOLAHAN CITRA
MATERI : GRAFIK KOMP.&PENGOLAHAN CITRA
//Preprocessor
directive ( disebut juga pengarah compiler karena fungsinya untuk mengatur proses kompilasi).
#include<iostream>
#include
<graphics.h>
#include<conio.h>
using namespace std;
int main()
// #include merupakan satu jenis
pengarah preprocessor yang digunakan untuk membaca file yang
dinamakanfile judul (header file). iostream, conio.h, stdio.h, windows.h,
math.h, dan string.h merupakan file headeryang merupakan standard
library dari C++. Setiap file header berhubungan dengan perintah
masukan (input), perintah keluaran (output), dan fungsi-fungsi yang digunakan
dalam suatu program. Dimana #include<iostream>
digunakan untuk membaca inputan dan output (cin & cout) , include<conio.h> untuk
menjalankan function clrscr()/cls dan go to pada program yang kita buat,
kemudian yang paling penting untuk menjalankan program graphic adalah #include <graphics.h> yang
bertugas melakukan proses inisialisasi mode grafik yang di gunakan oleh computer. using namespace std; sebagai pemanggil namespace yang
memiliki nama ‘std’. Namespace ‘std’ merupakan standar namespace dari C++ yang
dapat kita gunakan untuk memanggil class/object/fungsi yang terdapat di dalam
namespace tersebut , Int
main() artinnya
main program mengembalikan nilai int secara default, int main() akan
mengembalikan nilai 0, dan fungsi main() tidak memiliki bagan deklarasi lokal,
dan hanya memiliki sebuah pernyataan yang dapat dieksekusi, berupa fungsi
output printf()
//Program di mulai di sini :
{
int menu;
ulang:
system("cls");
cout<<"Program Pencetak
Garis\n";
cout<<"Jenis Garis\n";
cout<<"1. Horizontal\n";
cout<<"2. Vertical\n";
cout<<"3. Diagonal\n\n";
cout<<"Pilih Jenis Garis (1-3) =
";cin>>menu;
switch (menu)
{
case 1:
initwindow(640,480,"Horizontal");
line(200,200,450,200);
break;
case 2:
initwindow(640,480,"Vertical");
line(300,100,300,300);
break;
case 3:
initwindow(640,480,"Diagonal");
line(100,400,550,100);
break;
default:
cout<<"\nPilih Jenis
Garis dari 1 - 3";
break;
}
char lagi;
cout<<"\n\n\nApakah ingin
masuk ke menu lagi? (y/t)";cin>>lagi;
cout<<endl;
if(lagi=='y'||lagi=='Y'){goto ulang;}}
//Logika program :
§ [ int menu; ] : Karena pada menu dibawahnya saya menggunakan angka
(1. 2. 3. ) maka menggunakan [ int menu ]. Jika
kalian ingin menggunakan huruf (a. b. c. ) bisa menggunakan [
char menu; ]
§ [ ulang: ] : Digunakan sebagai proses looping , yang digunakan oleh
printah go to ulang
§ [ system("cls"); ] : Digunakan untuk clear screen
§ [ cout<<" .............. "; ] : Digunakan untuk mencetak / menghasilkan
suatu output
§ [ \n ] : Digunakan untuk lanjut ke baris selanjutnya
§ [ cin>>menu; ] : Jika di-inputkan maka akan menuju ke fungsi
menu
§ [ switch (menu) ] : Hasil inputan dari [ cin>>menu ] akan
dimasukkan pada fungsi ini untuk memilih case mana yang akan dijalankan
§ [ case 1: ] : Case pertama yang memuat kondisi/rumus 1
§ [ case 2: ] : Case kedua yang memuat kondisi/rumus 2
§ [ case 3: ] : Case ketiga yang memuat kondisi/rumus 3
§ [ default: ] : Case batas akhir jika hasil inputan dari [
cin>>menu ]bukanlah range case ( 1-3 )
§ [ break: ] : Menghentikan fungsi [ case .. ] (tidak
dilanjutkan ke case selanjutnya)
§ [ char lagi; ] : Karena pada baris selanjutnya kita memanggil huruf maka
menggunakan [ char ... ]
§ [ cout<<endl; ] : Digunakan untuk memberikan “enter”
§ [ if(lagi=='y'||lagi=='Y'){goto ulang;} ] : Digunakan untuk mengulang program dan kembali ke
checkpoint “ulang”
§ [initwindow(640,480);] : Berfungsi untuk membuat
window yang kordinatx,kordinaty dan menghasilkan window yang berukuran 640 x 480
pixel
§ [line(100,400,550,100);] : ini adalah salah satu cara sederhana untuk mencetak garis dengan
menggunakan dimana berisi (X,Y,∆X,∆Y) dimana (X,Y)
mencetak titik awal dan (∆X,∆Y) pencetak garis akhirnya. Kemudian computer akan
mengcompile dan menarik sebuah garis dari titik awal ke titik akhir. Dimana suatu
garis di katakan Horizontal apabila sumbu “Y” tetap dan “X” bertambah , Vertikal
adalah kebalikan dari Horizontal dimana sumbu “X”tetap dan “Y” nya bertambah .
beda dengan Diagonal dimana sumbu “X” dan” Y” tidak sama atau tetap.
Output yang akan di hasilkan dari program di atas :
//* Original by Donny Gumelar France . Pengcopyan adalah suatu hal ilegal yang tidak bagus di lakukan , mari kita berkarya dan menciptakan hal-hal yang menarik dengan ide kita sendiri.
//* Apabila program error Readme https://www.dropbox.com/s/w95flc5pbzh4tx8/read%20ME.txt?dl=0
//* Source code program https://www.dropbox.com/s/wlta96ve0fkm86o/DGF%20v1.1.rar?dl=0
0 comments:
Post a Comment